fbpx

Panduan Lengkap Semrush 2021

Mengenal Semrush, Tools Favorit Praktisi SEO dan Digital Marketer.

25 January 2021
Oleh: 
Viktor Iwan

Sebagai Official Partner di Indonesia, dalam serial artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap Semrush. Kami akan membaginya dalam beberapa artikel agar anda bisa benar-benar mengerti penggunaan dan manfaat dari aplikasi ini. Karena panduan ini akan terus diperbaharui, pastikan anda melakukan bookmark halaman ini (CTRL+D) dan subscribe channel youtube standoutdigital.

Ok, mari kita mulai..

Apa itu Semrush?

Semrush adalah Aplikasi untuk meningkatkan performa pebisnis dan pemasar dalam melakukan Riset dan Optimasi Kampanye Digital (All-in-one Dashboard).

Dalam Aplikasi Semrush, memiliki 5 Modul Utama, yaitu

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Market Research
  • Content Marketing
  • Advertising
  • Social Media

Semrush merupakan aplikasi BIG Data dimana sumber data diambil dari crawler Semrush Internal, penyedia layanan clickstream dan pihak ketiga lainnya. Jika anda melihat Halaman Statistik Semrush, anda bisa melihat bahwa data Semrush dibagi berdasarkan negara (Geografi).

Sebagai gambaran umum untuk di Indonesia, pada saat artikel ini dibuat, Layanan ini memiliki data lebih dari 250 juta kata kunci. Ini jauh lebih banyak dari pesaing terdekat Semrush seperti Ahrefs yang hanya memiliki data lebih dari 70 juta kata kunci. Per 25 Januari 2021, layanan ini memproses 20 Milliar kata kunci dari 142 Database Negara dari 816 juta domain, sebuah angka yang fantastis menjadikan Semrush menjadi alat bantu favorit hingga perusahaan di Fortune 500 seperti Tesla, Nika, IBM, Forbes, dan lain sebagainya.

Jumlah inventori kata kunci semrush, berdasarkan https://www.semrush.com/stats/

Semoga anda sudah mendapatkan gambaran tentang aplikasi ini, mari kita mulai penjelajahan kita.

Panduan ini selanjutnya akan disusun dalam 2 tahap:

  • Gambaran Umum Aplikasi
    Menjelaskan kepada Anda aplikasi secara garis besar
  • Tutorial
    Menjelaskan kepada Anda tentang step-by-step penggunaan

Mari kita mulai dari gambaran Umum Aplikasi Semrush

Modul SEO

Merupakan modul utama yang bisa digunakan untuk melakukan Riset dan Optimasi untuk masuk dalam halaman pertama Google. Modul SEO dalam Semrush adalah yang terlengkap dikelasnya:

  • Keyword Research
    Pengguna bisa riset kata kunci dari Big Data untuk melihat turunan kata kunci, variasi, hingga kata kunci yang menjadi pertanyaan umum saat orang mencari target kata kunci yang diinginkan
  • Keyword Magic Tools dan Keyword Manager
    Pengguna bisa melakukan segmen dan klasifikasi tentang Kata kunci yang ditargetkan beserta Volume Pencarian, Persaingan, dan Algoritma Tingkat Kesulitan
  • Keyword Gap
    Pengguna bisa membandingkan kata kunci yang dimiliki oleh sebuah domain dengan domain kompetitor.
  • Site Audit
    Periksa situs anda dari 130+ Elemen Teknis SEO (Technical SEO) sehingga situs anda mudah digunakan dan ramah terhadap bot dari Google.
  • Onpage - SEO Checker
    Kelola faktor On-Page SEO dari 7 Segmen analisa yang diambil langsung dari Top 10 hasil pencarian Google dari kata kunci yang dioptimasi. 7 Segmen Analisa itu adalah: Strategies Idea, Technical Idea, Backlink Idea, Content Idea,User Experience Idea, Semantic Idea, Serp Features Idea. Kita akan membahas dalam pada seri artikel ini.
  • Backlink Analysis
    Melihat profil tautan balik (backlink) dari domain manapun. teks tautan balik (Anchor) yang digunakan, halaman tautan balik, hingga IP Server untuk tautan balik
  • Backlink Audit
    Melihat profil backlink untuk domain yang anda kelola, melihat tautan balik (backlink) yang bermasalah
  • Link Building Tool
    Melakukan Peluang Backlink, Menjangkau para webmaster (pemilik domain), dan melakukan monitoring.
  • Backlink Gap
    Melakukan perbandingan backlink antara domain anda dan domain kompetitor anda sekarang sangat mudah dilakukan melalui fitur ini
  • Organic Traffic Insight
    Melihat (Not Provided) di Google Analytics, kini fitur Organic Traffic Insight adalah solusinya. Dengan menggunakan data Google Analytics, Search Console, dan data Internal Semrush, kini kita bisa "Membongkar" kata kunci yang di tandai (not provided) melalui Algoritma dalam Semrush.
  • Daily Position Tracking
    Pelacakan Harian dari multi lokasi (negara, provinsi, kota) dan multi devices (desktop, tablet, smartphone). Bandingkan dengan kompetitor anda dan lihat metrics rata-rata peringkat, traffic, hingga visibilitas pada domain anda.
  • Log File Analyzer
    Analisa kunjungan google bot dalam situs anda untuk melihat konten favorit yang di crawl oleh google bot dalam periode tertentu.

Modul Market Research

Modul ini digunakan untuk melihat pasar anda dalam area (landscape) digital.

  • Domain Research
    Pengguna bisa melacak kata kunci yang terdaftar dari Domain manapun dan berapa perkiraan kunjungan (traffic) yang dihasilkan dari kata kunci yang masuk dalam top 100 Google.
  • Market Explorer (CI Add on)
    Selalu penasaran bagaimana performa situs anda dalam industri bisnis anda? Aplikasi ini menggunakan algoritma khusus unutk mendeteksi kategori situs anda dan mengumpulkan dengan situs sejenis untuk membangun sebuah tolak ukur pakar (market benchmark). Anda bisa melihat performa situs anda dibandingkan dengan "Market" dalam semrush.
  • Traffic Analytics (CI Add on)
    Modul ini memungkinkan anda melakukan analisa dan benchmark domain anda dan kompetitor anda untuk melihat kesamaan pengunjung, asal pengunjung, tujuan pengunjung setelah mengunjungi situs anda dan data-data menarik lainnya

Modul Content Marketing

Buat konten dan monitoring artikel saat ini sudah bukan hal yang memusingkan dengan panduan modul ini, inilah yang bisa anda lakukan

  • Topic Research
    Kelola pembuatan topik jadi lebih mudah dengan data topik dan sub-topik sesuai dengan trend dan keyword volume. Anda bisa juga melihat pertanyaan yang sering diajukan pada topik/sub-topik yang sedang anda riset.
  • Brand Monitoring
    Bisnis atau kata kunci anda disebutkan pada media nasional ? kini monitoring tersebut bisa dilakukan secara otomatis melalui fitur ini. Cukup masukkan kata kunci makan semrush akan melakukan monitor pada situs berita, forum, twitter, dan instagram.
  • SEO Writing Assistant dan SEO Content Template
    Agar anda bisa menulis artikel dengan panduan algoritma Semrush yang diambil dari hasil analisa top 10 Google dari kata kunci yang ditargetkan. Bukan dengan Asumsi, namun berdasarkan data!

Modul Advertising

Semrush juga membantu pengiklan (Advertiser) dalam hal melakukan riset iklan. Selain menggunakan modul Content Marketing dan SEO Toolkit untuk mendapatkan wawasan, 3 hal yang bisa dilakukan pengiklan dalam Semrush adalah

  • "SEM" Advertising Research
    Melakukan riset iklan Google Ads pada Search Network (Search Engine Marketing)
  • Display Advertising
    Melakukan riset iklan pada Google Display Network. Iklan dalam bentuk HTML maupun Banner Gambar akan ditampilkan disini
  • PLA "Google Shopping" Research
    Melakukan Riset untuk iklan-iklan google shopping. Contoh iklan, produk, dan kata kunci akan ditampilkan pada modul ini.

Modul Media Sosial

Semrush memiliki fitur yang bisa dibandingkan dengan tool yang spesifik untuk media sosial seperti Hootsuite, Sprout Social, Buffer. Salah satu kekurangan Semrush pada saat artikel ini dibuat adalah kemampuan Auto Posting pada Instagram. Namun diluar daripada itu, fitur Media Sosial Semrush bisa diandalkan oleh pebisnis dan pemasar.

  • Social Media Poster
    Fitur media poster memampukan penggunanya melakukan penjadwalan untuk melakukan post pada media sosial Facebook Pages, Pinterest, Twitter, Google My Business, Linkedin, Instagram.

    Jika anda kekurangan ide, anda bisa menggunakan fitur RSS pada modul ini untuk melihat posting yang dilakukan situs yang anda targetkan dalam industri anda.

    Khusus pada Instagram saat ini sifatnya masih pemberitahuan pada email bukan automatic post.
  • Social Media Tracker
    Melakukan pelacakan performa media sosial. Saat ini mendukung: Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, LinkedIn, Pinterest. Anda bisa mendaftarkan akun media sosial kompetitor anda sehingga anda bisa membandingkan jumlah post, engagement, hashtag, dan banyak wawasan menarik lainnya
  • Social Media Analytics
    Dengan akses API pada akun media sosial anda, saat ini akun anda bisa mendapatkan wawasan lebih jauh dari akun Facebook, Instagram, dan LinkedIn. Melihat kapan fans anda online, kisaran usia mereka, asal negara, interaksi, dan banyak hal lainnya.
  • Social Media Ads
    Jika anda kesulitan memahami periklanan Facebook pada platform facebook ads langsung, Semrush adalah solusinya. Platform iklan facebook ads tidak mudah dipahami oleh pengguna awal karena parameter yang banyak. Di modul ini, Semrush mendesain sebuah antar muka yang mudah digunakan untuk pemula sekalipun.

Setelah anda memahami sekilas, modul yang ada dalam aplikasi ini, sekarang kita akan menuju bahasan selanjutnya.

Pada Artikel Selanjutknya kita akan membahas tentang:
"Cara Penggunaan Semrush Bagi Pemula"

Sebelum anda membaca bagian selanjutnya. Ada baiknya saya menjabarkan juga beragam Fun Fact tentang Semrush

Apa Saja Paket Dalam Semrush dan Apa Perbedaanya?

Semrush memiliki 3 paket berlanggan yaitu:

  • Paket Pro $120 / Rp 1.800.000 per bulan
    Paket ini ditujukan bagi SEO Freelancer atau Digital Enthusiast yang berfokus pada penggunaan Semrush untuk kebutuhan Riset dan Optimasi berskala kecil. Selain dari pada jumlah limit yang terbatas, Modul Content Marketing dalam paket ini juga ditiadakan. Artinya pengguna Pro harus menggunaka aplikasi diluar semrush untuk membantu pembuatan artikel, monitoring brand, dan riset topik dalam membuat konten.
  • Paket Guru $229 / Rp 3.450.000 per bulan
    Paket Guru merupakan paket yang direkomendasikan untuk Bisnis, ECommerce, atau Agency Skala Menengah. Paket ini membuka sebagian besar fitur Semrush, namun dengan limit yang lebih terbatas dibandingkan paket Business. Sangat cocok jika anda mulai mengelola beberapa proyek kampanye digital
  • Paket Business $449.95 / Rp 6.750.000 per bulan
    Merupakan paket tertinggi di Semrush yang ditujukan untuk pemilik multibrand, agency, dan ecommerce skala besar. Limit dalam paket ini tentunya yang terbesar diantara paket lain.

Untuk detail dari perbedaan fitur, silahkan kunjungi halaman harga paket Semrush di situs ini.

Apakah ada biaya tambahan / Add on ?

Ya, Semrush memiliki beberapa Add-on Tambahan :

  • Competitive Intelegence
    Sebuah platform canggih yang menganalisa Traffic dari situs maupun dari market anda secara keseluruhan. Competitive Intellegence ini dibagi dua modul yaitu Traffic Analytics dan Market Explorer.
  • Agency Growth Kit
    Merupakan Addon agar anda bisa melakukan reporting secara white label (tanpa gunakan logo semrush), mendapatkan CRM ala Semrush, dan Sertifikasi Partner untuk masuk dalam direktori Agency Semrush.
  • Listing Management (Local SEO)
    Layanan untuk mengelola konten dan performa dari Google My Business dan Facebook Listing. Saat tulisan ini dibuat, Add-on ini baru diperuntukkan untuk pasar Amerika Serikat
  • Additonal User
    Setiap paket berlangganan Semrush akan mengijinkan penggunaan untuk 1 orang. Anda bisa membeli Add-on untuk tambahan pengguna
  • API Access
    Untuk anda yang ingin terhubung langsung dengan database Semrush melalui coding/programming. Hanya tersedia untuk pelanggan Business Plan.

Sebelum kita melanjutkan Panduan ini, ada beberapa keypoint yang bisa kita simpulkan:

  • Semrush adalah aplikasi tentang Big Data
  • Pelaporan Semrush dibagi dalam 5 modul utama
  • Semrush memiliki 3 paket utama yaitu: Pro, Guru, dan Business

Jika anda sudah paham, mari kita masuk dalam panduan selanjutnya tentang "Cara Penggunaan Semrush untuk Pemula"

Belum Berlangganan? Ingin Uji Coba?

Jika dalam tahap ini anda belum pernah menggunakan Semrush, Ajukan Permohonan Trial Disini untuk mendapatkan akses hingga 14 hari.

Sampai bertemu di Bagian Kedua dari "Panduan Semrush 2021"

Dapatkan Akses Semrush Uji  Coba - 14 Hari(Trial)

*) Informasi Anda 100% Aman, Tim Kami Akan Melakukan Validasi Untuk Pengiriman Akses Trial
© 2020 StandoutDigital. Semua produk dan nama perusahaan adalah merek dagang ™ atau merek dagang terdaftar® dari pemegang masing-masing produk.
Kebijakan Privasi Situs

PT. Doxadigital Indonesia

Jl. Kebon Jeruk Raya 9 Blok C4 
Kompleks Permata
Jakarta 11510
Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram