fbpx

Digital Marketing With StandOut Digital

5 Kesalahan Content Marketing yang Harus Dihindari

19 August 2021
Oleh: 
Team Standout

Menjalankan strategi digital perlu memperhatikan berbagai aspek, seperti content marketing misalnya. Content marketing dapat membantu pengguna internet memecahkan masalah mereka melalui brand Anda. Pembuatan konten yang relevan menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan awareness, visibility, dan bahkan hingga traffic serta conversion. Dan karena konten yang di-publish akan selalu ada dalam media Anda, tentunya ini bisa dijadikan aset brand untuk jangka panjang.

Namun jangan asal dalam pembuatannya! Anda perlu perhatikan tujuan membuat artikel, menentukan target audiensmu, mencari topik yang relevan dan konsisten, serta tidak lupa untuk memberikan informasi tentang brand Anda. Sebagai tambahan agar mencapai tujuan Anda, disini kami telah simpulkan 5 kesalahan dalam membuat content marketing yang harus dihindari.

Headline Terlalu Panjang

Dalam aturan Google, memang tidak ada batasan jumlah karakter dalam penulisan headline. Namun perlu diingat bahwa konten Anda ditujukan untuk audiens Anda. Penggunaan headline yang terlalu panjang membuat judul artikel Anda terpotong di mesin pencari.

Usahakan headline Anda padat, jelas, dan menarik perhatian audiens.

Contoh Headline Artikel Standout Digital

Visual Konten Kurang Relevan

Sebagus apapun artikel yang Anda buat, kurang lengkap jika tidak menggunakan gambar visual. Anda harus memastikan visual yang dipakai sesuai dengan konten yang dibuat. Anda juga bisa menampilkan data berupa infografik agar mudah dipahami. Gambar visual yang dipakai tentu harus mendukung poin Anda untuk memberi informasi yang sedang jelaskan.

Content Marketing Doxadigital Indonesia

Hanya Post di Satu Platform

Untuk memaksimalkan traffic dan conversion, Anda diharuskan untuk menerbitkan konten dalam semua platform sesuai dengan target audiens. Gunakan social media Anda untuk menarik audiens ke website/artikel yang Anda buat. Anda harus memanfaatkan semua channel yang terkait dengan target audiens. Namun, Anda juga harus menentukan media yang Anda gunakan agar sejalan dengan pesan brand Anda.

Pastikan platform yang digunakan sejalan dengan target audiens maupun bentuk kontennya.

Tidak Melakukan Personalisasi

Setiap pengunjung website Anda memiliki intensitas yang berbeda-beda. Sebagian dari pengunjung situs mungkin sudah pernah membeli produk Anda, dan sebagian yang lain mungkin pengunjung pertama yang sedang meneliti brand. Jika situs Anda menampilkan jenis konten yang sama untuk setiap tipe pengunjung, sebesar apapun traffic yang Anda hasilkan terbuang percuma. Kemungkinan mereka keluar dari website Anda akan semakin besar, dan tentunya ini berdampak pada konversi.

Pastikan Anda mengenali tipe audiens Anda. Rancang user experience (pengalaman pengguna) sebaik mungkin dan buat pengunjung situs menelusuri lebih lama di halaman Anda.

Tidak teroptimasi SEO

Ini yang paling terpenting! Content marketing dan SEO tentunya bisa saling dikaitkan untuk memaksimalkan traffic dari berbagai sumber. Buat konten Anda terdeteksi oleh algoritma Google dan tingkatkan pencarian organik Anda. Optimasi konten artikel Anda dengan unsur dasar SEO seperti: title tag, H1/H2/H3, meta description, URL halaman dan masih banyak lagi.

Dengan Content Marketing Toolkit dari Semrush, Anda bisa melakukan keseluruhan pembuatan content marketing hingga SEO friendly. Coba sendiri betapa mudahnya membuat konten dengan Semrush! Gratis!

Let's Keep Standout & Grow Together!

Dapatkan Akses Semrush Uji  Coba - 14 Hari(Trial)

*) Informasi Anda 100% Aman, Tim Kami Akan Melakukan Validasi Untuk Pengiriman Akses Trial
© 2020 StandoutDigital. Semua produk dan nama perusahaan adalah merek dagang ™ atau merek dagang terdaftar® dari pemegang masing-masing produk.
Kebijakan Privasi Situs

PT. Doxadigital Indonesia

Jl. Kebon Jeruk Raya 9 Blok C4 
Kompleks Permata
Jakarta 11510
Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram