Digital Marketing With StandOut Digital

Cara Memaksimalkan Peluang SEO di Kotak People Also Ask

December 31, 2020
Oleh: 
Standout Team

Fitur People Also Ask (PAA) merupakan salah satu bagian penting dari strategi konten SEO. Hal ini dibuktikan dari penelitian terbaru Semrush yang telah memeriksa 1.000.000 kata kunci di Amerika Serikat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil penelitian Semrush pada People Also Ask di Tahun 2020

  • Kotak PAA hadir di hampir setengah dari semua pencarian yang tersedia di dalam 1.000.000 dataset kata kunci kami dan angkanya terus bertambah.
  • Google menggunakan PAA sebagian setidaknya untuk penyempitan kueri, memberikan kesempatan pada website untuk melakukan visibilitas halaman pertama pada istilah pencarian yang sebelumnya terlalu luas untuk ditargetkan.
  • Strategi SEO PAA dapat diterapkan ke hampir semua sektor (pengelompokan khusus industri dapat memberi Anda panduan tentang seberapa banyak upaya keseluruhan Anda harus masuk ke dalam pengoptimalan PAA).
  • Ada peluang dan risiko bagi brand besar untuk mengontrol jawaban saat pertanyaan PAA ditampilkan pada istilah penelusuran bermerek.
  • Tidak seperti featured snippets, fitur tersebut dapat muncul di kotak PAA dan mempertahankan peringkat organik standar di halaman 1 Google.
  • 75% dari waktu muncul hasil PAA, ini berada dalam 3 hasil teratas di Google, memberikan peluang bagus untuk visibilitas tinggi.
  • Istilah pertanyaan rata-rata akan menghasilkan PAA 86% dari waktu.
  • Google mengambil sebagian besar konten teks web untuk hasil PAA, dengan 48% dari semua kotak PAA yang secara eksklusif berasal dari teks dalam paragraf.
  • Masih ada peluang yang belum dimanfaatkan untuk konten video dalam kotak PAA, di mana Google tidak dapat menemukan hasil yang sesuai.
  • Seperti ragam jenis hasil lainnya, singkat adalah kunci dengan hasil paragraf yang rata-rata hanya 41 kata

Apa itu kotak ‘People Also Ask’ di Google? 

Kotak People Also Ask adalah sebuah hasil penelusuran universal dan interaktif dari Google yang menampilkan kotak pertanyaan dari pengunjung lain terkait dengan penelusuran Anda.

Jika Anda klik hasil PAA, maka kotak tersebut akan menampilkan jawaban dari website, bersama dengan link ke halaman yang memberikan jawaban, sekaligus dapat memunculkan pertanyaan baru agar bisa ditambahkan secara dinamis ke kotak PAA.

Contoh Hasil Fitur People Also Ask (PAA)

Jumlah Pertanyaan Dalam Fitur People Also Ask

Sejak tahun 2012, Google telah menjalankan misinya dengan jelas tentang cara "beralih dari menjadi mesin informasi menjadi mesin pengetahuan", yang artinya menjawab pertanyaan pengguna secepat mungkin dalam halaman hasil pencarian, daripada memaksa mereka untuk mengklik beberapa hasil dan menunggu website yang relevan dimuat.

"Time To Result" adalah metrik utama yang digunakan Google untuk menentukan bagaimana kinerja mereka. Maka dari itu, Google telah menerapkan sejumlah fitur dalam-SERP, terutama melalui grafik pengetahuannya, dan juga melalui fitur-fitur lainnya seperti rich snippetsfeatured snippets, dan tentunya hasil dari People Also Asked.

Studi Semrush telah mengangkat pentingnya hasil PAA, yang menunjukkan bahwa hasil tersebut saat ini enam kali lebih mungkin muncul dalam SERP daripada hasil featured snippets.

Feature Snippet vs People Also Ask

Hal ini dapat dilihat dari Semrush Sensor (terlepas dari penyesuaian yang dilakukan Google pada Maret 2020), frekuensi hasil PAA secara konsisten meningkat baik di ponsel maupun desktop.

Seberapa Sering Hasil PAA Muncul di SERP? 

Berdasarkan kumpulan data kata kunci yang dimiliki Semrush, hasil PAA muncul di 49.37% dari hasil pencarian untuk desktop dan 52.27% untuk seluler. 

Persentasi Kemunculan Fitur People Also Ask di Desktop dan Tablet

Apakah People Also Asked hadir di Industri Tertentu?

Berdasarkan data di 25 industri, kita dapat melihat bahwa tampilan hasil PAA bervariasi dari minimal 9,5% di kategori Real Estate hingga maksimal 64,2% di komputer dan elektronik.

Tabel Industri dan Fitur People Also Ask

Hal tersebut mewakili maksud pencarian yang paling umum dalam kategori ini. Oleh karena itu, fitur pencarian mana yang mungkin digunakan oleh Google.

Misalnya, kategori "Berita" menuntut hasil pencarian terbaru, sehingga Google akan sering memperkaya hasil ini dengan "Berita Utama" dan fitur kartu Twitter untuk menjalankan hal ini.

Sebagian besar penelusuran dalam "real estate" akan berada di sepanjang baris "apartemen di [lokasi]", yang memiliki maksud yang sangat jelas dan merupakan salah satu dari sedikit jenis istilah penelusuran yang utamanya menghasilkan "sepuluh tautan biru". Semrush telah memeriksa 6.000 frase "apartemen di [lokasi]", dan menemukan bahwa hanya 2,5% dari mereka mengolah hasil PAA.

Memahami keunggulan PAA dalam ruang pencarian industri dapat membantu Anda menentukan seberapa banyak yang Anda perlukan untuk memanfaatkan strategi konten SEO Anda.

Proteksi Brand/Merek Dengan “People Also Ask”

Semrush mengambil daftar merek dari penelitian lain dan memeriksa seberapa sering dapat dilihat dalam kata kunci yang bisa memunculkan PAA. Berikut adalah Top-30 mereka jika diurutkan sesuai frekuensi di kata kunci PAA:

Fitur People Also Ask dan Brand

Data Semrush ini menunjukkan bahwa mayoritas merek 'besar' akan menampilkan PAA, terlepas dari industri tempat mereka menempatkan merek berdasarkan frekuensi. 

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul di hampir semua merek besar, ada baiknya untuk mengaudit siapa yang 'memiliki' jawaban ini untuk merek dan pesaing Anda, dari sudut pandang perlindungan merek.

Dimana Kotak “People Also Ask” Muncul? 

Lebih dari setengah (58%), kotak PAA bisa dilihat setelah ada hasil pencarian organik, baik itu tautan biru standar atau jenis hasil lain, terdiri dari featured snippet.

Lokasi Fitur People Also Asked dalam SERP

Faktanya, lebih dari 75% sepanjang waktu, hasil PAA akan ditampilkan di 3 hasil pencarian teratas pada halaman Google. Inilah yang menjadikannya salah satu fitur pencarian yang paling konsisten dan mudah terlihat secara keseluruhan. 

Bisakah kotak PAA Membantu Anda Mendapat Ranking 1 di Hasil Pencarian Sebanyak Dua Kali? 

Tidak seperti featured snippets, yang dihitung sebagai peringkat 10 teratas standar, ini mungkin saja bisa hadir di dalam kotak PAA dan peringkat di halaman pertama hasil pencarian. Data kami menunjukkan bahwa 13% situs yang ada di dalam kotak PAA juga menduduki peringkat 3 teratas.

Posisi Satu dan Fitur People Also Ask

Namun, sebagian besar situs (74%) yang ada di dalam PAA tidak ada di halaman pertama, hal ini menunjukkan bahwa mungkin ada peluang bagi situs yang kurang otoritatif untuk mendapatkan kehadiran di halaman pertama dengan fitur ini (seperti featured snippets).

Bagaimana Panjang Permintaan Pencarian (Query) Mempengaruhi Kotak PAA?

Featured Snippet akan mengambil "posisi 0" pada hasil penelusuran di dalam banyak kasus, karena ini adalah upaya Google untuk segera menjawab permintaan para pencari. Data Semrush menunjukkan adanya korelasi yang ditandai di antara panjang kueri pencarian, tampilan featured snippet dan kotak PAA.

Panjang Query Mempengaruhi Fitur PAA

Seiring dengan meningkatnya jumlah kata dan kueri secara spesifik, kompleksitas pekerjaan Google juga ikut meningkat, karena kemungkinan akan memiliki sumber lebih sedikit untuk mendapatkan jawaban dan pertanyaannya mungkin akan lebih bernuansa.

Situasi di mana kueri lebih spesifik, tentunya kemunculan kotak PAA juga meningkat. Hal ini merupakan latihan penyempitan kueri dan upaya dari Google untuk menjawab kelompok pertanyaan dengan SERP.

Tipe Kueri Apa Yang Bisa Menampilkan PAA?

Jenis kueri yang umumnya bisa menampilkan kotak PAA adalah kata-kata pertanyaan, seperti "apa", "mengapa", "kapan", "dimana" dan "siapa".

Kueri dimulai dengan kata-kata tersebut yang dapat memunculkan PAA sebanyak 86%.

Begitu pula dengan featured snippet, data PAA menyarankan agar konten disusun berdasarkan pertanyaan yang ingin dijawab, daripada mengandalkan pembaca untuk memahami konteks artikel.

Format ini membuat pertanyaan jadi mudah dipahami dalam format "mandiri" yang kemudian dapat digunakan dalam featured snippet, dan kotak People Also Asked.

Penyempitan Kueri dengan People Also Asked

Google telah menguji dan memperkenalkan beberapa cara untuk penyempitan kueri, seperti tautan "Orang juga menelusuri"(People Also Search For) dan Google Suggest dalam bilah penelusuran. Kotak "Orang Juga Bertanya" (People Also Ask) dirancang untuk tujuan ini juga.

Ini diperlukan saat pengguna melakukan penelusuran yang tidak cukup spesifik untuk mengidentifikasi maksud sebenarnya mereka, atau mungkin memiliki beberapa arti yang tidak disadari oleh para pencari. 

Ada beberapa contoh (<1%) ketika Google memilih untuk menampilkan fitur People Also Ask sebagai hasil nomor 1 untuk kueri. Ini merupakan peluang unik bagi situs web untuk mendapatkan kehadiran yang terlihat dalam hasil penelusuran yang dulunya terlalu luas dan jika tidak akan jatuh ke situs "otoritas" secara default karena Google menautkan topik ini ke pertanyaan yang lebih spesifik.

Semrush telah mengumpulkan data kata kunci berdasarkan penelusuran pertanyaan yang diketahui berisi featured snippet, dan kemudian diuji dari persentase istilah ini yang juga menyertakan kotak PAA.
Data yang berlawanan juga dikumpulkan dengan menarik hasil kata kunci pertanyaan yang berisi kotak PAA, dan kemudian memeriksa persentase mana dari hasil tersebut yang juga berisi featured snippet.

Pertanyaan Pemicu Fitur People Also Asked

Data ini menunjukkan bahwa  featured snippets lebih bertarget dibandingkan dengan PAA, yang sering muncul bersama fitur lain seperti peta untuk kueri "di mana". Ini mendukung gagasan bahwa PAA, setidaknya sebagian, dipicu sebagai penyempitan kueri untuk jenis pertanyaan yang mungkin sulit ditafsirkan oleh Google.

Apa Saja Yang Ada di dalam Kotak PAA?

Data Semrush menunjukkan ada 4 jenis blok yang dapat muncul ketika Anda mengklik pertanyaan PAA.

Format Hasil - People Also Asked

Seperti pada featured snippets, sebagian besar (79%) kotak PAA adalah paragraf yang diambil dari konten situs web, diikuti oleh daftar, dengan gabungan video dan tabel yang menghasilkan 7,6% dari hasil PAA.

Sebanyak 97,3% dari hasil awal PAA baik secara eksklusif berdasarkan paragraf (48,3%) maupun mengandung setidaknya satu hasil paragraf yang digabungkan dengan konten lain (49%).

Jenis Jawaban pada Fitur People Also Asked

Data ini mencerminkan ketersediaan konten tersebut, yang menunjukkan bahwa teks paragraf jauh lebih tersedia dan dioptimalkan daripada daftar, tabel, atau video yang tidak diurutkan.

Seperti yang telah kita lihat pada jenis hasil pencarian lainnya, Google mungkin lebih memilih video sebagai alternatif jawaban teks. Ini menunjukkan bahwa strategi konten format campuran, yang bekerja dari "video-down", dapat bermanfaat.

Analisis Panjang Teks PAA

Analisa Panjang Teks Fitur People Also Asked

- Paragraf PAA

Jawaban paragraf terpanjang dalam kotak PAA berdasarkan kumpulan data yang diperoleh Semrush, yaitu hanya ada 132 kata dan yang terpendek adalah satu kata. Sama seperti optimasi  featured snippet, jumlah rata-rata kata di paragraf (41) menunjukkan bahwa kemampuan menjawab pertanyaan secara ringkas sangat penting agar dapat memenuhi syarat untuk ditampilkan di kotak PAA.

- Daftar PAA

Tidak ada daftar yang melebihi 8 item, dengan minimal 2. Perlu diingat bahwa ukuran daftar kurang dari 8 kemungkinan tidak akan muncul.

- Tabel PAA

Data Semrush juga menunjukkan bahwa hasil tabel dalam kotak PAA, meskipun tampak lebih sedikit, memungkinkan lebih banyak data untuk ditampilkan. Hingga 14 baris konten dengan 3 kolom dapat dimasukkan dalam hasil PAA.

Kotak PAA menunjukkan tabel dengan minimal 1 kolom dan 2 baris, yang membuatnya hampir identik dengan daftar dan berpotensi menarik data lebih banyak. 

Memanfaatkan Fitur “People Also Asked”

Mengubah situs web menjadi tujuan utama bagi para pengguna yang sedang mencari solusi serupa dengan Anda atau mengajukan pertanyaan umum terkait industri dapat membantu mengubah lebih banyak dari mereka menjadi pelanggan yang membayar.

Dengan meningkatnya PAA dan persaingan yang terus meningkat untuk mendapatkan tempat di fitur SERP, Anda perlu meluncurkan rencana tindakan yang layak untuk muncul dalam kotak PAA.

Berikut adalah langkah-langkah kunci yang harus diikuti untuk memanfaatkan keunggulan PAA:

1. Memahami Fitur-fitur SERP Yang Tersedia

Dilengkapi dengan tools untuk mengatur posisi tracking (Position Tracking), dimulai dengan menilai apakah kata kunci target Anda mampu memancing fitur SERP. Pastikan untuk menggunakan filter dan memilih fitur PAA secara khusus.

Memahami Fitur SERP pada Semrush

Jika Anda membandingkan beberapa website kompetitor, Anda akan dapat melihat gambaran umum dengan posisi setiap situs web untuk kata kunci target Anda, dan apakah situs tersebut menempati fitur SERP tertentu atau tidak.

2. Menemukan PAA Yang Hilang

Periksa apakah situs Anda kehilangan peluang PAA dengan menggunakan Riset Organik untuk mengidentifikasi kata kunci mana yang sudah diperingkat domain Anda yang tidak menghasilkan hasil PAA untuk Anda di Google.

Cari Fitur People Also Asked di Semrush

Laporan tersebut menampilkan salinan SERP untuk setiap kata kunci, sehingga Anda dapat melihat pertanyaan terkait dengan apa yang berpotensi , sehingga dapat Anda targetkan dengan konten Anda agar bisa masuk ke tabel PAA yang diberikan dan tentunya untuk meningkatkan visibilitas Anda.

3. Mendapatkan Sesuatu Yang Spesial Dari Kompetitor

Jika sulit untuk mengalahkan pesaing ke posisi organik, mendapatkan fitur PAA dapat memecahkan teka-teki.

Dengan bantuan Penelitian Organik, Anda dapat melihat kata kunci pesaing Anda yang berperingkat tinggi. Jangan membuat mereka muncul di fitur SERP, dan mengoptimalkannya untuk menempati ruang kosong.

4. Dapatkan Ide Konten untuk Memenangkan Fitur SERP PAA

Untuk mengumpulkan ide-ide untuk membuat konten, Anda dapat menggunakan tools dari AlsoAsked.com, yang secara otomatis akan menyajikan data PAA Google, termasuk bagan hasil selanjutnya ketika pertanyaan diklik.

Contoh Hasil di AlsoAsked.com

Cari ide untuk kata kunci tertentu: setelah menyalin dan menempel kata kunci yang ingin Anda targetkan ke dalam Keyword Overview Tool, Anda akan melihat opsi untuk mendapatkan salinan SERP dengan PAA yang dihasilkan untuk kata kunci ini.

Keyword Overview Semrush

Gunakan frase yang Anda temukan dalam kotak PAA sebagai sumber ide untuk pembuatan konten.

Tidak selalu menjadi masalah jika membuat konten dengan mengulangi frasa yang ditemukan di dalam kotak PAA.

Keyword magic tool adalah gudang informasi utama atau ide konten untuk frasa dan pertanyaan yang memunculkan tabel PAA, pastikan Anda menerapkan filter yang tepat. Berikut penjelasannya:

Keyword Magic Tools - Semrush

Tips profesional: Anda bisa mendapatkan keuntungan dari peralihan "Semua" (All) ke tab "Pertanyaan" (Questions) untuk melihat pertanyaan mana yang menghasilkan PAA untuk membunuh dua burung dengan satu batu. Caranya dengan mengoptimalkan PAA dan pencarian suara (perlu diingat bahwa orang biasanya merumuskan permintaan mereka sebagai pertanyaan saat menggunakan pencarian suara).

5. Periksa Apakah Konten Anda Memenuhi Persyaratan SEO

Untuk meningkatkan kemungkinan konten Anda masuk ke dalam kotak PAA, pastikan salinan Anda membahas permintaan pengguna tertentu dari sudut pandang SEO.

Semrush - Content Writing Assistant

Semrush's SEO Writing Assistant atau Asisten Penulisan SEO di Semrush, secara otomatis menganalisis 10 halaman peringkat teratas untuk kata kunci yang Anda berikan di lokasi tertentu agar dapat menawarkan saran untuk optimasi pencarian yang tepat.

Mendefinisikan Strategi PAA Secara Khusus

Memuaskan niat pengguna adalah inti pokok dalam aktivitas SEO apapun, tetapi hampir 50% dari semua penelusuran menunjukkan hasil PAA memiliki strategi khusus untuk meningkatkan visibilitas Anda dalam fitur-fitur penting tersebut. 

Seperti featured snippets, fitur PAA juga dapat dimenangkan dengan cepat, sehingga strategi SEO dengan taktik ini bermanfaat untuk mendapatkan penempatan sebelum peringkat "tautan biru" (blue link) tradisional.

Bagian yang jelas dari strategi Google untuk memuaskan maksud pengguna adalah memetakan entitas dan hubungannya untuk membangun grafik pengetahuan. Supaya dapat menjawab pertanyaan, Google bisa membuat grafik pengetahuan dari hasil penelusuran untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Dengan adanya kampanye digital Anda yang disematkan, disertakan, dan dipahami dalam grafik ini adalah cara untuk membuktikan strategi pencarian Anda di masa depan. Karena bagaimanapun, pengalaman pencarian diibaratkan sebagai asisten pribadi yang mampu membantu Anda mendapatkan jawaban yang benar saat pertama kali mencoba.

Semoga bermanfaat.

Catatan: Ingin tahu lebih lanjut tentang Semrush ? klik disini untuk mendapatkan informasi dan uji coba hingga 14 hari

Tags: 

Dapatkan Akses Semrush Uji  Coba - 14 Hari(Trial)

*) Informasi Anda 100% Aman, Tim Kami Akan Melakukan Validasi Untuk Pengiriman Akses Trial
© 2021 StandoutDigital. Semua produk dan nama perusahaan adalah merek dagang ™ atau merek dagang terdaftar® dari pemegang masing-masing produk.
Kebijakan Privasi Situs

Standout Digital

Jl. Lkr. Luar Barat No.1, RT.8/RW.6, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11750
Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram