fbpx

Digital Marketing With StandOut Digital

Strategi Social Media Marketing untuk Startup!

25 August 2021
Oleh: 
Team Standout

Tidak hanya untuk kebutuhan personal, social media juga bisa menjadi media pemasaran yang cukup efektif. Sudah banyak orang yang berlomba-lomba untuk berbisnis secara online dengan digital marketing. Hal ini membuat social media marketing menjadi salah satu hal yang harus dikuasai bagi pemilik bisnis. Berbagai strategi pemasaran dapat dilakukan, baik untuk bisnis besar maupun bisnis kecil sekalipun. 

Untuk bisnis kecil atau startup, diperlukan strategi pemasaran online yang baik untuk menggaet konsumen dan meningkatkan penjualan. Seiring dengan maraknya jumlah pengguna media sosial, tentunya platform ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu media pemasaran brand Anda.

Berikut Standout Digital berikan tips strategi social media marketing bagi para pemilik startup untuk memasarkan produk Anda!

Bagaimana Langkah Memulai Social Media Marketing?

Bangun Brand Positioning

Brand positioning menggambarkan posisi brand Anda bagi customer Anda. Tidak perlu bersusah payah untuk memiliki banyak follower, Anda hanya perlu menghubungkan brand Anda dengan orang-orang yang tepat.

Pastinya, di awal Anda memulai social media marketing, Anda harus meningkatkan brand awareness terlebih dahulu. Usahakan Anda menciptakan visibilitas online diawal, buat calon pelanggan Anda memahami produk yang Anda sediakan.

Anda juga bisa membangun identitas brand melalui gambar visual, baik melalui social media, website/blog, atau platform lain yang sesuai dengan bisnis Anda. Usahakan visual yang menggambarkan brand Anda konsisten di semua platform.

Brand Positioning Semrush dengan Logo Baru
Source: semrush.com

Menarik Calon Pelanggan

Meraih perhatian calon pelanggan Anda agar tertarik dengan produk yang Anda sediakan. Anda bisa melakukan ini di Facebook atau Instagram, misalnya. Pastikan audiens Anda cocok dengan pengguna social media masing-masing, karena setiap platform memiliki perilaku pengguna yang berbeda-beda.

Anda juga bisa memanfaatkan platform pribadi Anda untuk menggaet calon pelanggan. Sebagai contoh, Anda mulai mempromosikan bisnis Anda ke teman-teman social media Anda. Siapa tahu, beberapa orang terdekat Anda tertarik dengan produk tersebut.

Membangun Hubungan

Membangun hubungan antara brand dengan customer merupakan hal terpenting di media sosial. Tidak hanya membangun impresi, tapi juga harus menjaga hubungan yang baik dengan setiap pelanggan Anda. Usahakan Anda membangun konten yang tidak tertuju kepada calon pelanggan saja, tapi juga untuk pelanggan loyal Anda. Misalnya, Anda bisa mengadakan giveaway, atau update baru mengenai fitur produk.

Update Doxadigital by Viktor Iwan

Membuat Konten yang Relevan & Akurat

Anda harus membagi konten secara tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Tidak hanya bermanfaat untuk audiens Anda, tetapi juga untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mungkin juga menambah jumlah follower.

Buatlah konten yang dapat menjawab permasalahan pelanggan Anda. Pastikan konten yang Anda buat memiliki pesan yang bermanfaat, agar mereka membaca ulang konten dan mengunjungi platform media sosial Anda. Dengan begitu, reputasi bisnis Anda akan semakin terlihat baik, ranking pencarian semakin tinggi, dan bisa saja nantinya brand Anda menjadi perbincangan hangat para pengguna media sosial.

Gunakan Visual yang Menarik

Penggunaan konten visual dapat menarik perhatian dengan cepat dibanding teks. Gunakan gambar yang jelas dan tentunya menarik perhatian audiens Anda. Jangan sampai Anda membagikan gambar yang blur dan tidak berkualitas tinggi.

Visual Pengumuman Webinar Standout Digital

Gunakan Hashtag yang Sesuai dengan Brand Anda

Buatlah daftar hashtag yang relevan dengan produk yang Anda jual. Anda juga bisa mengkreasikan hashtag Anda sendiri, asal masih berhubungan dengan brand bisnis Anda.

Aktif Dalam Komunitas Online

Anda bisa berdiskusi dengan forum yang berhubungan dengan bisnis Anda, maupun dengan sesama para pebisnis. Anda juga bisa berdiskusi dengan kelompok audiens Anda untuk mengumpulkan permasalahan yang mungkin Anda belum temukan.

Buat Ruang Diskusi di Media Sosial Anda

Berikan kesempatan kepada pelanggan Anda untuk berkomunikasi dengan Anda. Sebagai pemilik bisnis, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk menyaring kritik dan saran serta permasalahan yang dapat Anda jawab nantinya. Dengan ‘mendengar’, Anda akan menemukan inovasi yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda sendiri.

Tetap Batasi Penggunaan Platform Anda

Menggunakan media sosial untuk bisnis dalam jumlah banyak tidak menjamin visibilitas. Alangkah lebih baiknya eksistensi brand Anda terfokus ke beberapa social media yang memang relevan dengan target market. Terlebih, penggunaan social media yang terlalu banyak dapat membuat waktu Anda untuk pengoptimalan masing-masing platform.

Usahakan langkah awal Anda dilakukan dengan fokus ke satu atau dua social media. Maksimalkan usaha Anda pada platform yang sesuai dengan market yang Anda incar.

Libatkan Aspek Digital Lain

Kegiatan digital tidak berhenti disini saja. Manfaatkan media lain yang sesuai dengan audiens untuk mendukung brand Anda. Pembuatan website yang SEO-friendly, beriklan di Google, hingga optimasi email marketing dapat menjadi media yang baru untuk memperluas jangkauan pasar.

Let's Keep Standout & Grow Together!

Tags: 

Dapatkan Akses Semrush Uji  Coba - 14 Hari(Trial)

*) Informasi Anda 100% Aman, Tim Kami Akan Melakukan Validasi Untuk Pengiriman Akses Trial
© 2020 StandoutDigital. Semua produk dan nama perusahaan adalah merek dagang ™ atau merek dagang terdaftar® dari pemegang masing-masing produk.
Kebijakan Privasi Situs

PT. Doxadigital Indonesia

Jl. Kebon Jeruk Raya 9 Blok C4 
Kompleks Permata
Jakarta 11510
Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram